Pasang Cermin dengan PEN STAINLESS ACRYLIC

Memasang cermin dengan menggunakan pen/baut stainless acrylic memberikan kesan tersendiri, terlihat simple dan elegan. Kebanyakan memang pen/baut stainless seperti ini kita temukan di instansi-instansi seperti di Rumah Sakit, Kantor Samsat, Kantor BPJS, Perpustakaan, Kampus Universitas, dll yang digunakan untuk display iklan poster dengan berbahan Acrylic Transparan. Akan tetapi disini saya gunakan untuk mencoba memasang kaca cermin. Oh ya, karena memang Baut seperti ini jarang kita temukan di toko bangunan biasa untuk kamu yang berada di daerah Solo dan sekitarnya bisa mencari baut seperti ini di daerah Gading Solo Toko PANOR***, atau bisa ke Toko MOROD*** disana paling lengkap pilihannya. Ok.. Langsung saja dimulai..

BAHAN & ALAT :

1. Kaca Cermin dengan ketebalan 3mm
2. Pen Acrylic 4 buah (ukuran 30x30mm) harga @6500 
3. Mata Bor Kaca 10mm
4. Baut dan Fischer S6 (Sekrup dinding)
5. Spidol & Penggaris
6. Bor

CARA MEMBUAT :

1. Siapkan kaca cermin, kamu bisa dapatkan di toko kaca. Kaca yang saya pesan ukuran 40x70cm dengan ketebalan 3mm seharga 40rb. Kemudian buat Garis Cross untuk menentukan titik tengah pada Pen Baut Acrylic. Saya menggunakan masing masing 4cm dari tepi kaca.

2. Pasang mata bor kaca ke Mesin Bor. Untuk ukuran mata bor menyesuaikan ukuran pen acrylic, bisa lebih besar atau lebih kecil. Saya menggunakan Diamond Hole Cutter Merk Benz ukuran 10mm seharga 24rb


3. Bor di titik tengah pada masing-masing tepi kaca. Ketika mengebor usahakan jangan ditekan keras-keras dan jangan terburu-buru. Bagi yang belum terbiasa mengebor kaca, kamu bisa mencobanya terlebih dahulu pada kaca-kaca bekas, bisa botol kaca, dll. Setelah kamu bisa merasakan bagaimana seharusnya kamu harus memegang bor di kaca kamu bisa langsung mengeksekusi pada kaca, karena permukaan kaca itu licin maka diperluhan kehati-hatian yang extra untuk mengebornya.


4. Untuk pen acrylic saya menggunakan ukuran 30x30mm (diameter 30 cm dan tinggi 30mm). Bila ukuran kaca cermin kamu besar dan tebal, gunakan ukuran pen yang lebih besar lagi agar balance untuk menopang beban kaca. Saya menggunakan ukuran ini karena saya rasa sudah cukup untuk ukuran kaca 40x70cm



5. Setelah semua kaca sudah terlubangi, gunakan fischer untuk menempelkan Pen pada dinding. Terlebih dahulu tempelkan kaca pada tembok kemudian tandai dengan spidol tepat ditengah- tengah lubang kaca. Bor tembok dititik-titik yang telah ditandai, ubah mode bor dari kayu ke Palu gunakan mata bor yang sesuai ukuran fischer (jangan kebesaran/kekecilan) saya menggunakan fischer ukuran S6.


6. Masukkan fischer pada tembok dan pasang pen acrylic dengan menggunakan obeng plus. Pasang pen jangan terlau kencang-kencang dahulu, karena biasanya belum pasti pas dan selisih beberapa mm dengan lubang kaca. Selanjutnya pasang kaca antara ring plastik, ring satu di depan dan satunya dibelakang kaca pen stainless acrylic.





8 Responses to "Pasang Cermin dengan PEN STAINLESS ACRYLIC "