Cara Install Xampp di Linux

Bagi para web developer pasti sudah banyak yang tahu macam-macam web server seperti Xampp, Wampp, AppServ, Easy PHP, Laragon, dll.
Xampp merupakan sebuah aplikasi yang berfungsi sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Program ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis. 

Nah, kali ini saya mau berbagi bagaimana caranya menginstall xampp di linux
Kita download dulu xampp diwebsite resminya (http://www.apachefriends.org/en/xampp.html) pilih yang XAMPP for Linux, jangan khawatir karena xampp adalah freeware




Setelah selesai di download, taruh file tadi di desktop



Kemudian masuk ke Terminal



Lalu ketikkan perintah “ sudo -s “ kemudian Enter, selanjutnya masukkan password admin

Ketikkan ” dir ” untuk mengetahui isi directory, tadi kita menempatkan file xampp berada di Desktop, maka kita ketikan ” cd Desktop ” (untuk mempermudah dalam pengetikan ketikkan cd De kemudian tab pada keyboard maka secara otomatis text Desktop akan keluar dengan sendirinya). Setelah masuk di Desktop kita ketikkan “ dir ” lagi untuk meyakinkan bahwa file kita benar-benar ada di Desktop. Selanjutnya lakukan proses penginstalan dengan mengetikkan ” tar xvfz xampp-linux-1.7.3.tar.gz -C /opt ” (pake tab lagi untuk mempercepat penulisan)



dan tunggu sampai proses install selesai



Setelah proses install selesai, ketikkan perintah ” /opt/lampp/lampp start ”



Langkah terakhir adalah mengecek apakah xampp sudah terinstal dengan baik atau belum, buka firefox lalu tuliskan ” localhost ” di address



Selamat..! xampp anda telah berhasil diinstall dan pilih bahasa sesuai keinginan anda
Mengenal bagian XAMPP yang biasa digunakan pada umumnya :
  • htdoc adalah folder tempat meletakkan berkas-berkas yang akan dijalankan, seperti berkas PHP, HTML dan skrip lain.
  • phpMyAdmin merupakan bagian untuk mengelola basis data MySQL yang ada dikomputer. Untuk membukanya, buka browser lalu ketikkan alamat http://localhost/phpMyAdmin, maka akan muncul halaman phpMyAdmin.
  • Control Panel yang berfungsi untuk mengelola layanan (service) XAMPP. Seperti menghentikan (stop) layanan, ataupun memulai (start).